GUS HALIM INGIN PROGRAM DI BURU SELATAN PERKUAT EKONOMI MASYARAKAT

  Selasa, 15 Nopember 2022

JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulisa di kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Selasa (15/11/2022).
 
Kedatangan Bupati Safitri untuk mengundang Mendes PDTT mengunjungi wilayah Buru Selatan yang berada di Pulau Buru. 
 
Dalam pertemuan tersebut, Gus Halim merespons positif program yang diusulkan Buru Selatan ke Kemendes PDTT. Ia bersyukur jika program yang sudah disalurkan tahun ini bisa memberi efek positif bagi masyarakat.
 
Selain itu, Gus Halim juga mengakui potensi yang dimiliki oleh Buru Selatan. Dia menyebut, potensi itu bisa dikembangkan lebih baik lagi agar semakin menyejahterakan masyarakat Buru Selatan.
 
"Saya selalu tekankan jika program yang diberikan itu harus bisa dirasakan langsung dampaknya ke masyarakat, apalagi bisa berefek pada peningkatan perekonomian masyarakat," kata Gus Halim.
 
Gus Halim juga merespons undangan dari Bupati Buru Selatan dan bakal mengagendakan kunjungan ke wilayah timur Indonesia itu pada 2023 mendatang.
 
"Nanti diagendakan, sekaligus melihat langsung kondisi di Buru Selatan," ujarnya.
 
Sementara itu, Bupati Safitri memaparkan bahwa saat ini pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan berbagai fasilitas guna menggenjot pembangunan di Buru Selatan. 
 
Diakuinya, masih ada sejumlah kendala yang dihadapi untuk meningkatkan pembangunan di Buru Selatan. Namun hal itu secara perlahan dibenahi.
 
Pihaknya sudah pernah mengusulkan agar Buru Selatan mendapatkan program transmigrasi ke Pemprov Maluku.
 
"Kami sudah usulkan tapi karena adanya pandemi Covid-19 jadi belum ditindaklanjuti," kata Bupati Safitri.
 
Lokasi yang ditawarkan Pemkab Buru Selatan, menurut Bupati Safitri sangat strategis, subur dan dekat dengan Rumah Sakit (RS) Pratama.
 
Bupati Safitri kemudian menyerahkan laporan perkembangan pembangunan yang telah dilakukan Pemkab Buru Selatan serta potensi yang dimiliki oleh daerah dengan Ibu Kota Namrole itu.
 
Pemkab Buru Selatan berharap mendapat dukungan dari Kemendes PDTT soal Program Sarana dan Prasarana seperti Pasar Desa, Jalan Desa dan pengembangan Desa Wisata pada 2023.
 
"Tahun ini, kami dapat bantuan Gazebo dan Jalan Lingkungan Kawasan Desa Wisata dengan ikon utama Arung Jeram," kata Bupati Safitri.
 
Turut hadir mendampingi Gus Halim, Dirjen PDP Sugito dan Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Pedesaan Nursaid.
 
Foto: Didi/Humas Kemendes PDTT 
Teks: Firman/Humas Kemendes PDTT