DI HARI BAKTI PENDAMPING DESA, MENDES PDTT BERI HADIAH SERTIFIKASI PROFESI GRATIS

  Jumat, 07 Oktober 2022

Jakarta - Pada penetapan Hari Bakti Pendamping Desa, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiahkan Kado Istimewa untuk seluruh Pendamping Desa. Salah satunya dengan memberikan Sertifikasi Profesi Pendamping Desa yang digawangi Lembaga Sertifikasi Profesi KDPDTT secara gratis.

“Mulai Oktober 2022 ini, sertifikasi pendamping desa dijalankan. Lembaga Sertifikasi Profesi di Kementerian Desa, PDT, dan Transmigrasi menyediakan layanan untuk sertifikasi pendamping lokal desa,” tegas pria yang akrab disapa Gus Halim dalam pidato Penetapan Hari Bakti Pendamping Desa di Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Menurut Gus Halim, sertifikasi profesi akan memberikan kepastian kompetensi akan kualitas pendamping. Selain sebagai pengakuan atas profesi pendamping, adanya sertifikasi, lanjut Gus Halim jadi peluang bagi pendamping desa untuk mendapatkan penghasilan yang lebih layak.

“Sertifikasi pendamping lokal desa (PLD) dan pendamping desa (PD) menunjukkan kepada pihak luar, bukti keandalan pendamping desa,” tegasnya.

Selain itu, untuk menambah Kemeriahan Peringatan Hari Bakti Pendamping Desa tahun ini, Kemendes PDTT juga akan menggelar Lomba Podcast Pendamping Desa. Lomba ini harus diikuti seluruh pendamping lokal desa (PLD).

"Yang boleh ikut hanya PLD, PD dan TA hingga Manas (Manajemen Nasional) tidak boleh ikut," kata Gus Halim.

Sertifikat pemenang disediakan untuk setiap 10 besar terbaik tingkat kabupaten, 10 besar terbaik tingkat provinsi, dan 10 besar terbaik tingkat nasional.

Sepuluh besar pemenang tingkat nasional akan menerima penghargaan langsung di Jakarta pada tanggal 2 Desember 2022.

"Selanjutnya dipilih 3 terbaik nasional, yang akan hadir dalam acara langsung bersama para mantan Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi," kata Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Turut hadir dalam Puncak Hari Bakti Pendamping Desa, Sekjen Kemendwa Taufik Madjid, Pejabat Tinggi Pratama dan Madya di lingkungan Kemendes PDTT, Manajemen Nasional, dan Pendamping Desa.

Foto: Angga/Humas Kemendes PDTT

Teks: Firman/Humas Kemendes PDTT