SEKJEN KEMENDES PDTT IKUTI UPACARA PERINGATAN DETIK-DETIK KEMERDEKAAN

  Rabu, 17 Agustus 2022

JAKARTA -Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Taufik Madjid beserta pejabat tinggi madya dan pratama mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI) secara virtual di Operational Room, Rabu (17/8/2022).
 
Upacara yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini berlangsung di Istana Merdeka dengan dihadiri pejabat tinggi negara serta tamu undangan lainnya.
 
Presiden Jokowi memakai baju adat Dolomani dari Buton, Sulawesi Tenggara.
 
Adapun baju adat Dolomani yang dipakai Jokowi didominasi warna merah dan putih. Bagian dalam baju bewarna putih, sedangkan luarnya warna merah.
 
Tampak para pejabat dan tamu yang hadir di lapangan Istana Merdeka ini mengenakan pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia.
 
Sementara itu, Sekretaris Jenderal Taufik Madjid beserta jajarannya tampak kompak mengenakan batik Korpri dengan atribut lengkap Pegawai Negeri Sipil.
 
Sekjen Taufik Madjid mengikuti upacara peringatan detik-detik kemerdekaan dengan khidmat.
 
Begitu juga Pejabat Tinggu Madya dan Pratama yang hadir di Operational Room juga mengikuti upacara dengan Khidmat.
 
Sebagai informasi, sebelumnya di lingkungan Kemendes PDTT juga mengadakan upacara peringatan HUT ke-77 RI di yang dilaksanakan secara hybrid.
 
Sebagai salah satu rangkaian upacara, dilaksanakan penganugerahan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun yang diserahkan oleh Wamendes Budi Arie. Dari total 62 pegawai yang menerima, 37 diantaranya telah melaksanakan tugas selama 30 tahun, 26 pegawai telah bertugas selama 20 tahun, dan 19 pegawai lainnya telah bertugas selama 10 tahun terakhir. 
 
Satyalencana Karya Satya merupakan tanda kehormatan yang diberikan oleh presiden kepada para PNS yang telah bertugas sesuai dengan kewajibannya dalam jangka kurun waktu tertentu. Ini juga menjadi agenda tahunan sejak tahun 1959 yang wajib dilaksanakan saat upacara peringatan kemerdekaan dilangsungkan  .
 
Adapun tema HUT ke-77 RI bertemakan “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”, diharapkan Indonesia bisa lebih siap menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat untuk siap membawa Indonesia maju di usia 77 tahun ini.
 
Foto: Andromeda/Humas Kemendes PDTT 
Teks: Rifqi/Humas Kemendes PDTT