BLUSUKAN KE BOYOLALI, GUS HALIM SIDAK DESA PERAIH PERINGKAT 2 IDM JATENG

  Senin, 04 Juli 2022

BOYOLALI – Aksi inspeksi mendadak (sidak) desa terus dilakukan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar di setiap kunjungan kerja di suatu wilayah. Kali ini Sidak Desa dilakukan ke Desa Kebonan, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (4/7/2022).

Desa Kebonan merupakan peraih rangking II Indeks Desa Membangun (IDM) di Provinsi Jawa Tengah. Sidak Desa sebelumnya dilakukan Gus Halim sapaan akrab Abdul Halim Iskandar di Desa Genteng Kulon, Banyuwangi yang merupakan peraih peringkat I IDM 2022.

“Kebetulan menjadi kebiasaan dalam setiap perjalanan untuk selalu mampir di desa-desa yang mudah diampiri. Kecuali untuk desa-desa yang memang sulit diampiri dalam perjalanan, memang ada target khusus,” sambung Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Bukan tanpa sebab, sidak Gus Halim kali ini adalah untuk melihat secara langsung tata kelola Desa Kebonan sebagai peringkat nomor 2 nasional Index Desa Membangung (IDM).  Gus Halim juga meninjau setiap sudut kantor desa sembari berdiskusi dengan Kepala Desa, Yasir Jatmika, terkait dengan program-program di Desa Kebonan.

“Spontan saja mampir ke sini, kebetulan besok ada upacara di Semarang hari Bhayangkara yang akan dihadiri Pak Presiden,” ujar Gus Halim.

Gus Halim juga mengapresiasi atas pencapaian Desa Kebonan dalam kontes IDM Nasional.  Menurutnya, tata kelola desa Kebonan patut direplikasi ke desa lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kebonan, Yasir Jatmika, mengaku tidak menyangka desa yang dipimpinnya akan di kunjungi oleh Mendes PDTT.

“Luar biasa sekali hari ini, kami tidak menyangka, kami tidak mengira Pak Menteri datang ke desa kami, Desa Kebonan. Saya ucapkan terima kasih banyak Bapak, semoga Pak Menteri selalu sehat,” ungkap Yasir.

Foto: Mugi/Humas Kemendes PDTT

Teks: Rifqi/Humas Kemendes PDTT

Editor: Riza Pahlevi/Ahmad Hadi