KUNJUNGI DESA TABA PADANG, MENTERI EKO RESMIKAN RAGA DESA

  Jumat, 15 Maret 2019

KEPAHIANG - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan kerja di Desa Taba Padang Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang, Bengkulu pada Rabu (13/3). Dalam kunjungan tersebut ia meresmikan Sarana Olahraga (Raga) Desa yang dibangun dari dana desa.

"Dengan adanya sarana olahraga, rasa kebersamaan antar masyarakat semakin tinggi. Di samping nanti bisa memberikan pekerjaan kepada masyarakat. Dengan adanya pertandingan-pertandingan, nanti ibu-ibu banyak yang berjualan. Bisa menambah pendapatan," ujarnya.

Sarana olahraga di Desa Taba Padang tersebut dibangun menggunakan dana desa tahun anggaran 2018. Ragam infrastruktur olahraga yang dibangun, seperti lapangan badminton, lapangan voli, lintasan lari, dan tribun.

Sarana olahraga tersebut pun diberi nama Sport Center Gelora Rajo Mudo. Rajo Mudo sendiri dikenal sebagai tokoh leluhur masyarakat setempat.

Dalam kunjungannya, Menteri Eko berdialog dengan kepala desa, perangkat desa, dan pendamping desa. Selain itu, ia juga melakukan service bola pertama untuk membuka secara resmi pertandingan bola voli yang diselenggarakan oleh Desa Taba Padang.

"Saya sudah bicara dengan Bupati Kepahiang, katanya mau buat liga desa. Saya dukung. Nanti saya bantu carikan sponsornya," ujarnya.

Terkait dana desa, Kepala Desa Taba Padang, Yoyon mengatakan, disalurkannya dana desa telah memberikan pengaruh signifikan terhadap pembangunan di desanya. Menurutnya, dana desa telah memberikan kebebasan bagi desa untuk menentukan pembangunannya sendiri melalui musyawarah desa. 

"Sebelum ada dana desa (pembangunan) sifatnya top down, sekarang buttom up diawali dengan musyawarah desa, sehingga desa dibangun dan pembangunan bisa merata. Sebelum dana desa pembangunan ditentukan dari atas. Sekarang kan (dana desa) jelas kegunaannya," ujarnya.