DINAS PMD SUMBAR TERJUN LANGSUNG BAGIKAN BLT DANA DESA

  Rabu, 13 Mei 2020

Padang - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumatera Barat H Syafrizal Ucok telah melaksanakan perintah dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk sesegera mungkin menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa.

"Bantuan Langsung Tunai Dana Desa berdasarkan Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020," kata Syafrizal.

Keluarga yang mendapatkan bantuan ini mewakili keluarga yang ingin mengganti mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan kartu pra kerja, serta yang memiliki anggota keluarga yang rentan sakit menahun / kronis.

Kabupaten pertama di Sumbar yang menerima penyaluran BLT itu adalah Kabupaten Padang Pariaman yang diserahkan di Nagari Pauh Kambar, Kecamatan Nan Sabaris pada Senin (4/5/2020).

Penyaluran langsung diberikan oleh Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni bersama Syafrizal Ucok, Kepala Dinas PMD Padang Pariaman Herman, dan Wali Nagari Pauh Kambar M. Nur.

Setelah Padang Pariaman, Syafrizal Ucok menuju Kabupaten Lima Puluh Kota untuk meluncurkan pemberian BLT dana Desa di Halaman Camat Garau, Jumat (8/5/2020) bersama Bupati Irfendi Arbi dan Forkompida setempat.

Irfendi mengajukan Bantuan Langsung Tunai dari pemerintah pusat akan diberikan kepada masyarakat miskin terdampak di dua2 nagari yaitu Nagari Tanjuang Bungo dan Lubuak Batingkok. Nagari Tanjuang Bungo mendapatkan bantuan untuk 27 KK, sedangkan Nagari Lubuak Batingkok mendapatkan bantuan untuk 150 KK.

Jumlah total Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota yang sudah melaksanakan Musyawarah Desa Khusus berjumlah 35 dari total 79 Nagari.

Setelah itu, giliran Kabupaten Solok disambangi Syafrizal Ucok untuk menyaksikan penyerakan BLT Dana Desa pada Senin (11/5/2020)

Bupati Solok, Gusmal menyerahkan secara simbolik BLT Dana Desa ke tiga Nagari di Kantor Camat Bukit Sandi.  Total penerima bantuan sebanyak 408 KK.

Sebanyak tiga nagari yang mendapatkan bantuan pada hari itu, yaitu Nagari Kinari sebanyak 165 KK, Nagari Bukit Tandang sebanyak 135 KK, dan Nagari Parlemen sebanyak 108 KK.